ep·i·gram·ma [n]
1. Any witty, ingenious, or pointed saying tersely expressed.
2. A brief, interesting, memorable, and sometimes surprising or satirical statement.


30 Days Challenges
Day 20 - How important you think education is

Pendidikan adalah hal terpenting yang seharusnya dimiliki orang-orang. Kalo boleh gue disuruh mengurutkan apa yang terpenting di dalam hidup gue, gue akan membuat list seperti ini.

1. God
2. Family
3. Education
4. Friends and networks
5. Skill and effort
6. Luck
7. Money


Tanpa Tuhan, jelas kita tidak akan menjadi apa-apa. Karena Tuhan adalah basic dari kita dan juga seisi bumi ini. Sekeras apapun usaha kita tetap Tuhan yang akan menentukan. Tanpa keluarga, tidak akan ada kita. Karena keluarga adalah faktor penentu dari bagaimana kualitas dari diri kita. Tanpa pendidikan, sekaya-kayanya seseorang tetap saja tidak akan berguna. Dengan pendidikan kita akan mengetahui bagaimana cara mengolah kekayaan yang dimiliki oleh seseorang agar tidak habis dan bisa terus berputar balik. Tanpa teman dan jaringan orang-orang yang dimiliki, seseorang akan susah untuk mendapatkan sebuah informasi yang penting bagi dirinya maupun bidang yang ditekuninya. Tanpa kemampuan, seseorang tidak akan bisa melakukan suatu hal. Karena kemampuan adalah suatu hal alamiah yang dimiliki oleh manusia sejak lahir. Kemampuan manusia jelas berbeda-beda. Tanpa usaha, kemampuan tersebut tidak akan berkembang. Kemampuan jika tidak diusahakan, dicoba dan terus diasah sama saja tidak akan ada gunanya. Tanpa keberuntungan, yah tidak akan bisa. Bisa kita lihat, ada beberapa orang yang mungkin memiliki kemampuan yang pas-pasan, namun karena keberuntungannya tinggi, dia menjadi seperti gampang untuk mendapatkan sesuatu. Yang terakhir adalah uang. Saat ini, tanpa uang semua tidak akan berarti apa-apa. Mengapa? Karena semua hal saat ini sudah dinilai dengan uang. Tidak ada hal yang gratis. Entah ini efek kapitalisme atau bukan, yang jelas uang sudah menjadi aspek yang penting di dalam kehidupan.
Okay, back to the topic. Pendidikan, jika gue analogikan ke dalam sebuah struktur dari sebuah bangunan, pendidikan menempati posisi sebagai tiang penyangga bangunan tersebut. Semakin tinggi dan kokoh tiang penyangganya, maka akan semakin bagus pula bangunannya. Jika pendidikan seseorang semakin tinggi dan dipahami dengan baik oleh pengenyam pendidikannya, maka seseorang tersebut akan dapat memaknai hidup dengan baik, berhati-hati dalam melakukan tindakan dan tidak akan menjadi seekor keledai yang gampang sekali ditipu daya. Seperti kata pepatah, tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Jika masih memiliki biaya dan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan, kejarlah pendidikan tersebut setinggi-tingginya, karena pendidikan tidak dibatasi oleh usia.

Libellés : , ,

0 comment(s)
Post a comment


---------------- Older Posts -----------------