ep·i·gram·ma [n]
1. Any witty, ingenious, or pointed saying tersely expressed.
2. A brief, interesting, memorable, and sometimes surprising or satirical statement.


(Don't) Shop 'Til You Drop



Pernah ga sih ngerasain yang namanya kebingungan mau memakai baju apa hari ini? Atau, pernah ga sih ngerasain yang namanya bosen sama baju-baju yang dijual di mall-mall karena modelnya yang itu itu saja? Atau, pernah ga sih ngerasain yang namanya pingin tampil stylish tapi dokunya seret?

Kalau buat saya sih, nomor tiga yang paling sering saya rasain. Maklum anak kosan, harus bisa memanage keuangan dengan baik, kalau engga, mau makan apa saya. Terlebih saya juga pilih-pilih masalah clothing, saya paling ga suka beli baju di ITC ITC gitu karena bisa jadi orang satu kampung juga punya model baju yang sama (gaya dikit gapapa lah ya). Pasaran bener! Pingin gaya make local brand tapi kok yah harganya ga friendly di kantong. 

Berangkat dari situ, saya pun mulai membongkar isi lemari yang sudah mulai overload. Niatnya sih mau recycle isi lemari, jual yang lama beli yang baru. Saya pun iseng-iseng membuat account garagesale di instagram. Marche, diambil dari bahasa Perancis yang berarti pasar. Kenapa pasar? Karena saya ingin menjadikan semua kalangan sebagai target pasar saya. Mulai dari yang masih bocah, yang udah kuliah, yang udah kerja, yang alay (maaf), yang gaul, yang berduit, dan yang kantongnya pas-pasan kayak saya. Intinya sih, harganya ramah di kantong barang ramah di mata, alias masih berkualitas bagus.

Saya pun rutin mengupdate barang dagangan, dan memperluas scoopnya, dari yang awalnya hanya sekedar baju menjadi apa aja dijual, mulai dari sepatu, celana, rok, sweater, jaket, dress, dll. Tetiba ada seorang teman yang menawarkan bantuan pada saya untuk turut menghandle Marche. Saya pun mengiyakan, karena saya memang ga pinter masalah keuangan dan kebetulan temen saya itu orangnya cermat di keuangan.

Awal mula kami berdua ga menyangka bahwa Marche akan menjadi bisnis beneran yang diseriusin. Pelan-pelan namun pasti, followers Marche di instagram pun mencapai angka 1000++. Padahal ketika awal dibuat, kami sempat berpikiran untuk membeli fake followers karena ga yakin bakal banyak followersnya. Sampai tulisan ini dibuat, followers Marche sudah mencapai angka 1370. Dan semoga terus bertambah ya!

Walaupun kami masih amatiran dalam hal berdagang secara online, kami punya sedikit tips buat kamu yang mungkin sudah memiliki usaha ataupun baru akan membuka usaha online.

1. Usahakan jaga terus kualitas barang, terlebih untuk yang garage sale. Karena kepercayaan dan kepuasan pembeli adalah yang nomor satu. Kalau mereka puas, pasti mereka ga akan segan untuk mempromosikan kita secara mouth to mouth or anything.

2. Usahakan punya tema. Misalkan vintage, edgy, or whatever. Karena tema itu jugalah yang nantinya akan membentuk pasar. Jangan lupa kurasi barang secara cermat yaa, terlebih ketika kamu juga menjual barang titipan.

3. Walaupun hanya bisnis kecil-kecilan, usahakan packagingnya yang niat ya. Misalkan cara mendisplay barang, harus kelihatan jelas detailnya, jangan buram dan jangan diedit make efek yang berlebihan. Hal tersebut akan membuat pembeli jadi males duluan. As simple as you can, tapi bisa juga ditambah sesuatu yang bikin terlihat unik. Selain itu, dari packaging barang juga mbok ya jangan make kresek. Agak niat sedikit lah ya. Packaging yang niat memang hal yang simpel, tapi cukup membuat pembeli senang loh (curhat dikit sebagai orang yang suka beli di online shop).

4. Usahakan jangan jutek. Ada beberapa online shop yang karena dia sudah punya nama, si admin yang secara langsung berhubungan dengan customer juteknya minta ampun (pengalaman sendiri loh). Walaupun mereka hanya nanya-nanya, usahakan hargai mereka dengan cara sopan, ramah dan fast response. Karena seperti kata pepatah, pembeli adalah raja.

Good luck! Dan jangan lupa difollow instagramnya Marche ya, @shopatmarche. We turn oldies into goldies.

Libellés :

0 comment(s)
Post a comment


---------------- Older Posts -----------------