ep·i·gram·ma [n]
1. Any witty, ingenious, or pointed saying tersely expressed.
2. A brief, interesting, memorable, and sometimes surprising or satirical statement.


Heart-to-Heart Conversation
Nurani? Apakah itu nurani? Hati nurani mewakili Tuhan. Ia menitipkan hati nurani kepada kita, makhluk yang katanya memiliki akal, agar kita tidak berbuat semena-mena terhadap sesama. Lihatlah, betapa baiknya Tuhan kita, memberikan kita panca indera sekaligus hati nurani agar kita tidak tersesat dalam perjalanan kita di dunia. Tapi, adakah kita pernah bersyukur? Segala tindak tanduk perbuatan kita pun terkadang tidak mencerminkan manusia yang memiliki akal dan juga nurani. Bahkan, zaman sekarang manusia pun bertindak lebih keji daripada binatang yang tidak memiliki nurani. Kita itu kotor, seperti setetes debu diantara jelaga. Hitam, kotor dan tidak ada artinya.

Memiliki mata, tetapi penglihatannya buta, sehingga salah dalam melangkah.

Memiliki telinga, tetapi digunakan untuk mendengarkan gonjang-ganjing manusia dan fitnah belaka.

Memiliki hidung, tetapi digunakan untuk mencium aroma-aroma serong.

Memiliki lidah, tetapi digunakan untuk mengadu domba dan bicara fitnah.

Memiliki jari, tetapi tangan itu selalu digunakan untuk mengocok kartu-kartu bergambar as, sekop, waru dan wajik, kartu remi.

Memiliki kaki, tetapi digunakan untuk melangkah ke dalam jurang yang berisi setan-setan berkedok topi miring, chivas dan whisky.

Memiliki akal, tetapi kelakuan seperti tukang jagal.

Memiliki hati, tetapi keras, sekeras besi hingga tak ada artinya lagi.

Nurani, maafkan aku selama ini tidak mengindahkanmu. Nurani, bahkan kau adalah kekuatan yang sangat sangatlah kecil, tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kekuasaan Tuhan, yang menitipkanmu pada diriku. Padahal untuk mengatasimu saja aku masih tak sanggup, apalagi melawan Tuhan. Kapan tibakah waktu itu, ketika aku, kamu, dan kita semua bisa menyingkirkan jauh-jauh nafsu setan? Kapan tibakah waktu itu, ketika aku, kamu, dan kita semua menjadikan nurani sebuah pedoman dalam bertindak? Entahlah aku pun tak tahu.

Libellés : , , ,

0 comment(s)
Post a comment


---------------- Older Posts -----------------