ep·i·gram·ma [n]
1. Any witty, ingenious, or pointed saying tersely expressed.
2. A brief, interesting, memorable, and sometimes surprising or satirical statement.


You're Beautiful, It's True
It breaks my heart to see girls unhappy with how they look. Every girl is beautiful, YES EVEN YOU, the one who's reading this thinking, "this is so true, aside from me." -Me


Hati saya serasa tersentil ketika membaca sebuah tweet yang ditulis oleh teman sekelas saya yang yah tidak usah disebutkan namanya. Dia menulis begini, "selalu merasa gemuk dan ingin diet adalah penyakit universal seorang wanita." FYI, dia adalah seorang lelaki. Dan jelas, saya sebagai wanita pasti ingin menimpali, "tidak semua wanita seperti itu." Saya menyimpulkan, hal tersebut adalah hasil dari konstruksi pikiran yang diberikan oleh orang-orang tertentu. Mereka berkata bahwa wanita yang cantik adalah wanita yang tinggi lebih dari 160 cm, berkulit seputih salju, berambut sehalus sutra, berbadan kurus seperti lidi. Labeling sempurna tersebut bisa dilihat pada Barbie, because it's just a shade of perfection, and nobody's perfect. Saya juga terkadang suka miris melihat kelakuan teman-teman saya yang selalu berkeluh-kesah "duh, gue gendut banget", "duh, betis gue gede banget", "duh, gue item banget", dan berbagai bentuk duh duh lainnya. Dalam hati saya ingin berteriak, "apa lagi sih yang mau lo dapet?! Lo udah cukup good-looking, tinggi, dan betis lo udah sekecil lidi. Kalo betis lo gede, betis gue apa? Betis gajah?!" Media juga saya rasa ikut berperan di dalam pengkonstruksian pikiran wanita-wanita ini. Saya kadang heran, padahal kan Indonesia adalah sebuah negara yang multikultural, kulit alaminya juga yang berwarna sawo matang. Rambut juga dari lurus hingga keriting mie ada. Postur badan kita juga bukan postur badan bule yang harus tinggi sekali sekaligus kurus sekali. Akan tetapi, model-model dan artis-artis yang seliweran di media elektronik ataupun cetak semua seragam. Tinggi, kurus, dan putih. Itukah bentuk penyeragaman perbedaan yang ada di negara ini?
Anyway, keindahan fisik juga akan hilang sejalan dengan berjalannya waktu. Masih ada yang lebih pantas dibanggain daripada sekedar keindahan fisik. Contohnya, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bersosialisasi, kepemimpinan, dll. Kemampuan tersebut mahal harganya dan sangat susah didapatkan, apalagi jika memang ga memiliki bakat. Sedangkan keindahan fisik dapat dibeli. Tinggal pergi ke toko make up terdekat, sedikit polesan dan TADAAA... didapatlah wajah cantik bak model di tv. Saya juga mengakui, saya tidak tergolong ke dalam wanita-wanita berparas cantik yang dikagumi lelaki. Badan saya kurus, kulit saya seperti sawo busuk karena terbakar matahari, rambut saya ga lurus, gigi saya tidak rapi, bibir saya tidak seksi seperti Megan Fox, but at least, saya masih punya sesuatu yang bisa saya banggakan. Ideas, creativity and my mind :)



Just in case you need reminder, you're beautiful! And for the guys who want perfections, go buy a barbie :p



Libellés : , , ,

0 comment(s)
Post a comment


---------------- Older Posts -----------------