ep·i·gram·ma [n]
1. Any witty, ingenious, or pointed saying tersely expressed.
2. A brief, interesting, memorable, and sometimes surprising or satirical statement.


Europe? Yes, Someday!
Ya, saya sudah sangat lama menginginkan untuk bisa menginjakkan kaki di benua ini, Eropa. Untuk mengobati kekecewaan saya yang tidak jadi berangkat kuliah di Jerman, saya pun sempat mengikuti les Deutsch di salah satu lembaga bahasa di Jatinangor. Tekad saya waktu itu adalah, saya HARUS mengikuti student exchange ataupun summer school di Jerman. Namun, dikarenakan jam lesnya yang pagi (8 am) saya pun bisa dibilang sering melewatkan waktu lesnya. Dan karena jarang masuk maka ketika tes, saya mendapatkan nilai hanya 45. Ah crap! Akhirnya saya pun berhenti dari les Deutsch dikarenakan jadwal kuliah saya yang full dan saya yang notabene agak (sangat) pemalas.

Kekecewaan dan penyesalan saya pun terobati karena saya sampai saat ini mengambil mata kuliah pilihan Bahasa Rusia. Seperti umumnya mahasiswa Hubungan Internasional, kami diharuskan untuk menguasai bahasa lain selain Bahasa Inggris. Pilihannya adalah Bahasa Arab, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Mandarin dan Bahasa Rusia. Dan dari lima bahasa tersebut yang beruntung saya pilih adalah Bahasa Rusia. Yay! Mengapa saya memilih bahasa Rusia yang notabene susah? Karena masih sedikit orang yang bisa berbahasa Rusia dan lembaga yang menyediakan lesnya pun masih jarang. Maka saya memberanikan diri mengambil Bahasa Rusia. And it's not really that bad, seperti yang dikatakan orang-orang bahwa Bahasa Rusia itu horor, no no I think it's not like that. It's kinda fun dan ketika belajar, diam-diam saya suka tersenyum geli di balik buku Rusia saya. Saya bukan gila tetapi yang membuat saya tersenyum geli adalah pronounce bahasanya yang lucu dan belibet. Sehingga melihat sepuluh orang di kelas mengulang-ulang melafal satu kata pun membuat saya tertawa.

Meskipun begitu, sampai saat ini saya masih tetap memiliki obsesi untuk menguasai Bahasa Jerman. Minimaaaaal saja, mengantongi sertifikat A2. Lalu setelah lulus kuliah, saya akan mengikuti program au pair ke Jerman dan berlibur ke negara-negara Eropa lainnya. Belanda, UK, Prancis, Spanyol, Rusia, Romania, yeah... Someday. Oh, andaikan mewujudkan sebuah mimpi sama gampangnya dengan mengeluarkan dan melontarkannya dari mulut. Oh, andai...



Libellés : , ,

0 comment(s)
Post a comment


---------------- Older Posts -----------------