ep·i·gram·ma [n]
1. Any witty, ingenious, or pointed saying tersely expressed.
2. A brief, interesting, memorable, and sometimes surprising or satirical statement.


It Takes A Hard Struggle to Reach This Town
H-5... Eh, H-6. Ujian Nasional tinggal 6 hari lagi!! Tiba-tiba saya teringat akan masa hectic saya ketika menjelang Ujian Nasional. Tidak terasa sudah 2 tahun yang lalu. Waktu terasa sangat cepat berjalan, padahal rasanya baru kemarin saya mengikuti UN.

Entah waktu itu karena saya memang pemalas atau sok pintar, ketika UN saya tidak belajar dengan serius. Saya hanya membuka-buka buku, merefresh ingatan saya akan pelajaran, menghafal rumus-rumus sedikit dan voila saya pun lulus UN dengan nilai yang cukup memuaskan hehehe.

Saya pun bukan orang yang mengambil pusing akan masalah perkuliahan. Dulu ketika teman-teman saya sedang disibukkan oleh masalah kuliah, saya masih tetap santai-santai. Kala itu saya sudah memiliki pegangan, saya sudah mendaftar di Jerman. Saudara saya pun sudah mengurus semua berkasnya. Makanya saya santai-santai saja hehe.

Masalah pun muncul ketika tiba-tiba mama saya berubah pikiran. Dia sepertinya masih takut kalau saya kuliah di tempat yang jauh. Alasannya sangat klise, saya tipikal orang yang gampang masuk angin dan diare. Dan takut jika saya di sana akan gampang sakit. Oh geez -____-"

Saya pun kalang kabut. Pertanyaan "Mau kuliah di mana?" secara bertubi-tubi seakan menghantam kepala saya. Saya pun merutuk dalam hati, "Duh seandainya kemarin gue udah punya pegangan lain selain di Jerman ya."

Saya pun mencoba sedikit dari banyak tes ke universitas. Waktu itu saya juga dibingungkan oleh masalah jurusan. Saya ingin masuk ke teknik pertambangan, namun mama saya tidak mengijinkan. Akhirnya saya pun memutuskan untuk memilih FKG.


UTUL UGM

Okay, ini adalah tes yang paling awkward bagi saya. Ketika itu, tes diadakan di SMA Negeri 1 Balikpapan. Tesnya diadakan pada hari Minggu, namun saya dan teman-teman sudah standby di Balikpapan dari hari Jumat. Apalagi kalau bukan karena ingin jalan-jalan hehe. Tiara dan Weni yang sebenarnya tidak ikut tes pun turut serta berangkat ke Balikpapan, demi jalan-jalan. Malam Minggu, sebelum tes bukannya belajar, saya dan teman-teman malah jalan sampai malam. Di kamar hotel pun kita malah ngobrol sampai larut malam dan bukannya belajar.

Karena malamnya saya tidak mempersiapkan apa-apa, saya pun tidak bisa mengerjakan soalnya. Ketika itu saya mengikuti ujian IPC, dan memilih FKG sebagai pilihan pertama, Manajemen di pilihan kedua dan Gizi & Kesehatan di pilihan ketiga. Ujian IPC dimulai sejak jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Dan saya belum sarapan. Saya pun tidak berkonstrasi dalam mengerjakan karena maag saya kambuh.

Setelah selesai mengerjakan tesnya dan pasrah akan hasilnya, saya kembali ke hotel untuk packing. Di jalan, saya melihat ada sesosok lelaki yang saya kenal. Yap... Dia adalah si lelaki 5 tahun itu. Dia tersenyum pada saya, dan mau tidak mau saya pun membalasnya, dengan senyuman kecut. Saya sudah tidak memikirkan apa-apa lagi, selain MAKAN!

Sesampainya di hotel, saya dikejutkan oleh berita bahwa saya akan kembali ke Bontang sekarang juga. Oh crap! Saya hanya sempat makan roti dan sudah jelas apa yang terjadi. Saya muntah-muntah di mobil sepanjang perjalanan 6 jam kembali ke Bontang. Whatta horrible day!

Hari pengumuman...
Sudah jelas apa hasilnya. Karena jelas-jelas usaha yang saya lakukan sangat tidak maksimal. Ya, saya tidak lolos Utul UGM teman-teman :(


PSB Ubaya

Saya memilih jurusan International Business Networking sebagai pilihan pertama dan Manajemen sebagai pilihan kedua. FYI, saya sebenarnya jurusan IPA namun kali ini saya nekat mengikuti tes IPS. Kali ini saya belajar dari Utul UGM. Pokoknya saya harus belajar supaya kali ini bisa lolos! Malu dong masa tes yang kemarin tidak lolos, yang sekarang tidak lolos juga.

Saat tes pun berjalan mulus, semulus pantat bayi. Soalnya pun relatif mudah. Mungkin karena saat tes kali ini saya benar-benar belajar. Saya pun berdoa semoga saya lulus.

Hari pengumuman...
Saya lulus!!!! International Business Networking sudah di tangan. FYI, International Business Networking adalah salah satu jurusan internasional yang ada di kampus ini. Jadi sistemnya double degree. Saya akan berada 2 tahun di Surabaya dan 2 tahun lanjut di Rotterdam School of Business, Belanda.


SNMPTN 2009

Entah lagi-lagi karena saya terlalu bodoh atau sok pintar, saya memilih HI Unpad sebagai pilihan pertama dan Manajemen Unair sebagai pilihan kedua. Lagi-lagi saya memilih untuk mengikuti tes IPS. Awalnya ketika saya memilih, teman-teman saya pun tertawa, karena kedua pilihan saya itu adalah jurusan yang sama-sama banyak peminatnya. Tutor saya di tempat bimbel malah menyarankan saya untuk memilih HI UI, namun saya takut tidak sanggup di UI hehe.

Awalnya saya tidak tahu kalau pendaftaran SNMPTN sudah dibuka. Saya tahu H-1 penutupan pendaftaran. Saya pun buru-buru mengurus segala berkas dan bolak balik ke tempat ujiannya. Untungnya, tes berjalan mulus.

Hari pengumuman...
Ketika itu, saya sedang sakit. Saya pun lagi-lagi lupa kalau hari itu adalah pengumuman SNMPTN. Tiba-tiba saudara saya datang membawa koran yang berisi pengumuman SNMPTN. Saya pun mengubek-ubek koran tersebut, dari yang tadinya halus lembut mulus, jadi lecek kayak uang kembalian yang dapat dari pasar. Yayyy!!!!! Nama saya tertera di salah satu halaman. Prilly Aprilia Damayani - S1 - Hubungan Internasional Unpad. Saya pun loncat-loncat kegirangan, tidak memperdulikan tante saya yang sudah berteriak-teriak melihat saya yang sedang sakit malah melunjak-lunjak kegirangan seperti cacing kepanasan. But, I don't care. Saat itu saya merasa, I'm the happiest girl ever hahahaha.

Jelas, sebagai anak yang baik hati saya pun merelakan melepas International Business Networking, karena biaya kuliah yang lulus tes SNMPTN jauuuh lebih murah. Dan di sinilah saya sekarang, di Jatinangor :)


P.S.: Goodluck untuk Ujian Nasionalnya ya semua anak kelas 12 yang ada di Indonesia! Semoga lancar mengerjakannya dan lulus dengan nilai yang memuaskan. Amin.



Libellés : ,

6 comment(s)
Post a comment


---------------- Older Posts -----------------