ep·i·gram·ma [n]
1. Any witty, ingenious, or pointed saying tersely expressed.
2. A brief, interesting, memorable, and sometimes surprising or satirical statement.


Write Them Like You Imagine
Kuliah di jurusan HI membuat saya banyak belajar. Ya, belajar menulis dan menghargai karya tulis orang lain. Awalnya sebelum saya kuliah, saya tidak terbiasa menulis secara terstruktur seperti yang diwajibkan ketika di kampus. Makanan saya sehari-hari hanyalah tugas Fisika, Kimia, Matematika dan Biologi yang satu nomor saja bisa menghabiskan kertas berlembar-lembar. Saya hanya bisa menulis lepas, seperti saat menulis di blog ini. Apa yang ada di pikiran saya, langsung saya tulis apa adanya. Saya juga bukan seorang yang berjiwa puitis, yang bisa mengolah kata demi kata sederhana menjadi sebegitu indahnya. No no, saya basically tidak suka menulis secara formal dan dipaksa.

Namun, setelah memasuki kerasnya kehidupan perkuliahan, lambat laun saya pun membiasakan tangan dan otak saya untuk sinkron dalam menghasilkan kalimat dan paragraf. Awalnya pasti sangat berat, secara saya tidak pernah terbiasa untuk menulis. Saya pun memenuhi tugas saya dengan saduran dari buku atau internet. Pokoknya, tugas saya kala itu sangat tidak mencirikan seorang mahasiswa. Footnote, runningnote, maupun endnote pun jarang saya cantumkan. Sehingga essay saya pun banyak yang mendapat nilai pas-pasan ketika awal kuliah.

Titik balik saya menyadari pentingnya menulis dan menghargai karya tulis orang lain adalah ketika semester dua, seorang dosen saya berkata "Saya tahu kalian enggan untuk menulis. Namun, mau tidak mau kalian akan terus berkutat dengan hal ini. Satu hal yang bisa kalian lakukan adalah, membiasakan diri." Dari situ saya mulai berlatih menulis, dan salah satu ladang latihannya adalah di dalam blog ini. Saya juga berandai-andai, jika saya berada di dalam posisi seorang penulis yang tulisannya saya copy tanpa mengcredit dirinya, tentu saja kesal adalah hal pertama yang akan saya rasakan. Untuk mendapatkan buah tulisan itu harus mengadakan penelitian, riset, dan penulisan yang mungkin butuh waktu yang tidak instan, namun malah ada oknum yang dengan sengaja mengcopy dan VOILA... Dalam waktu bahkan kurang dari sejam, jadilah sebuah essay. Sejak saat itu pun saya membiasakan diri menggunakan footnote, runningnote, endnote dan referensi.

Saya memang bukan seorang yang expert di dalam hal tulis-menulis, namun saya akan memberikan sedikit tips menulis berdasarkan pengalaman saya dan yang saya dapat ketika ada pelatihan jurnal.

1. Munculkan niat dan kemauan.
2. Buat kerangka pemikiran.
3. Jangan menganggap menulis merupakan hal yang susah. Anggap saja seperti kalian menumpahkan isi pikiran ke dalam blog.
4. Jangan membuat essay yang terlalu based on theories. Masukkan juga pendapat kalian dan analogi pemikiran.
5. Jangan lupa footnote, runningnote, atau endnote. Kalau tidak kalian akan dianggap melakukan plagiasi.
6. Jangan langsung menyadur sebuah kalimat utuh dari sebuah referensi. Lakukan parafrase!


So, keep trying, readers :)



Libellés : , , ,

0 comment(s)
Post a comment


---------------- Older Posts -----------------